Tuning Bass (Menyetem Gitar Bass)

Posted: Juli 18, 2011 in Amplifier, Bass Effects, Guitar Bass, Guitar Lesson, Music & Studio, Teori & Tips

Menyetem gitar bass wajib dilakukan, agar dapat menemukan bunyi nada yang tepat pada setiap senar bass. Untuk merubah nada pada tiap senar dapat dilakukan dengan memutar panel tuning yang ada pada bagian head bass.

1. Menyetem Standart.
Untuk menyetem gitar bass dan menemukan nada standart, dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

Alat musik bernada.
Nada yang terdapat pada alat musik lain (piano, gitar, dsb) dijadikan patokan untuk menyamakan nada pada gitar bass (misalnya nada A oktaf kedua pada piano disamakan bunyinya dengan nada A senar ketiga pada bass, atau nada E senar keenam pada gitar, disamakan bunyinya dengan nada E senar keempat pada bass). Untuk melakukan penyeteman dengan cara ini diperlukan kepekaan telinga terhadap bunyi nada.

Tuner Elektronik
Alat ini adalah yang paling efisien untuk menyetem nada pada gitar bass. hubungkan bass anda pada bagian input dari tuner, naikkan volume pada gitar bass anda, kemudian petik senar yang akan disetem, maka tuner akan menampilkan nada senar yang anda petik. Ini adalah cara menyetem yang paling mudah, dan dapat dilakukan untuk para pemula dengan ketepatan nada yang akurat. Untuk mendapatkan tuner elektronik, anda dapat membelinya di toko yang menjual alat musik.

2. Menyetem antar senar.
Untuk menyetem agar senar yang satu dengan yang lain pada satu gitar bass tidak fals, dapat dilakukan dengan beberapa cara:
Menyamakan nada fret kelima dengan nada ‘open string’ senar dibawahnya.
Nada A yang terletak pada fret kelima senar keempat, disamakan bunyi nadanya dengan nada A yang terletak pada ‘open string’ senar dibawahnya (senar ketiga). Nada D yang terletak pada fret kelima senar ketiga, disamakan bunyi nadanya dengan nada D yang terletak pada ‘open string’ senar di bawahnya (senar kedua). Nada G yang terletak pada fret kelima senar kedua, disamakan bunyi nadanya dengan nada G yang terletak pada ‘open string’ senar dibawahnya (senar pertama).

Menggunakan tehnik Harmonik
Bunyikan tehnik harmonic diatas fret 7 pada senar pertama, dan samakan dengan bunyi nada tehnik harmonic diatas fret 5 pada senar kedua. Bunyikan tehnik harmonic diatas fret 7 pada senar kedua, dan samakan dengan bunyi nada tehnik harmonic diatas fret 5 pada senar ketiga. Bunyikan tehnik harmonic diatas fret 7 pada senar ketiga, dan samakan dengan bunyi nada tehnik harmonic diatas fret 5 pada senar keempat.
Catatan: menyetem dengan cara ini dapat dilakukan bila pemain telah menguasai tehnik harmonic.
Untuk mengecek nada pada gitar bass apakah tuning nada sudah tepat atau tidak, bunyikanlah nada yang sama pada senar yang berbeda secara bersamaan. Jika tuning nada ada yang tidak sama atau kurang tepat, maka kedua nada yang dibunyikan bersama tadi akan terdengar bergelombang…

Written by Indra Prasetyo
http://www.belajarbass.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s