Tone Fingering

Posted: Juli 18, 2011 in Bass Effects, Guitar Bass, Music & Studio, Teori & Tips

Saat seseorang bermain bass, sangat penting bagi si pemain tersebut untuk memperhatikan kualitas ‘tone’ yang dihasilkannya. Tone adalah kualitas bunyi yang dihasilkan saat kita memetik bass. Jadi, tone kita bisa dikatakan bagus apabila bunyi yang kita hasilkan itu terdengar baik. Pada instrument bass, tone yang baik haruslah berasal dari jari tangan kita sendiri (jangan mengandalkan fasilitas sound dari ampli, karena sound ampli hanyalah sebagai alat pengantar bunyi).

Pada tips ini saya akan memberikan tehnik bermain bass untuk mendapatkan tone yang baik.

Beberapa gambar di bawah ini adalah posisi – posisi tangan kanan di pick-up bridge (pick up yang terletak di bagian ujung), dan kita melatihnya dengan gerakan bergantian antara jari telunjuk dan jari tengah…( gambar gagal di upload & menyusul ya, Sorry !!)

Saat kita memetik senar bass, usahakan kita memetik dengan power yang kuat. Untuk melatih power saat memetik bass, sebaiknya kita latih dengan tidak menggunakan sound ampli. Hal ini bertujuan agar kita bisa mendengarkan dan mengetahui power kita yang sesungguhnya, tanpa dibantu dengan fasilitas sound ampli. Lakukan latihan ini di semua senar sampai tone yg dihasilkan jari telunjuk dan jari tengah rata.

Tips ini bertujuan agar apabila kita mempunyai tone yang baik, maka kita akan lebih mudah dalam mempelajari dan memainkan berbagai style musik, karena setiap style musik mempunyai jenis / karakter tone yg berbeda – beda. Contohnya karakter tone untuk style musik funk, kita harus memainkannya dengan power yang kuat dan penuh aksen. Berbeda dengan karakter tone untuk style musik ballad atau pop, kita harus memainkannya dengan power yang sedang atau bahkan lembut. Masih ada berbagai macam lagi style – style musik yang lainnya, dan tentunya dengan berbagai karakter tone yang berbeda pula.

Bila kita menguasai tone dengan power yang kuat, kemungkinan besar pasti kita bisa memainkan tone dengan power yg lembut . O ya, itu semua harus kita latih dengan mengunakan metronome, mulai dari not seperempat, seperdelapan, seperenambelas, dan seterusnya . Demikian tips saya, semoga dapat bermanfaat…

Written by Efra Harya Bayu Pratama
http://www.belajarbass.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s