Metode Latihan Dengan Metronome

Posted: Juli 18, 2011 in Music & Studio, Teori & Tips

Metronome, adalah salah satu alat yang wajib kita gunakan saat kita melakukan latihan. Alat untuk mengukur tempo secara konstan ini, wajib kita pakai saat kita berlatih, baik itu berlatih tehnik, membaca not balok, ataupun melatih rhytm. Dengan metronome, maka penguasaan kita terhadap tempo akan lebih sempurna, dan dapat membantu mengembangkan “sense of rhythmic” dalam menghitung ketukan, serta permainan.

Jika kita sedang berlatih menggunakan metronome, mulailah dengan tempo yang pelan. Kuasai dulu bagian – bagian lagu yang kita latih sampai benar – benar hafal, dan sampai kita dapat bermain tanpa kesalahan. Jika sudah benar – benar sempurna, maka naikkan tempo setahap demi setahap hingga mencapai tempo yang kita inginkan sebenarnya.

Contohnya, kita mau memainkan lagu dengan tempo 120 bpm (bit per menit). Jika kita belum menguasai tempo 120, dan belum dapat memainkannya secara benar, maka turunkan tempo.

Pilihlah tempo yang memungkinkan kita bermain tanpa kesalahan, Misalnya kita turunkan tempo menjadi 80 bpm, lalu mainkanlah lagu tersebut. Bila kita dapat bermain tanpa kesalahan, naikkan tempo menjadi 90 bpm. Bermainlah lagi, dan jika kita dapat melakukannya tanpa kesalahan, maka naikkanlah lagi temponya, misalnya menjadi 100 bpm. Begitu seterusnya, sampai kita dapat mencapai tempo 120 bpm tanpa melakukan kesalahan.

INGAT! Jangan sekali – sekali menaikkan atau mempercepat tempo, jika kita masih melakukan kesalahan, atau masih belum yakin dengan tempo yang kita jalani. Dengan menaikkan tempo secara bertahap, sesungguhnya mempercepat permainan kita menjadi sempurna. Sebaliknya, bermain cepat tetapi banyak melakukan kesalahan, justru akan memperlambat proses menuju kesempurnaan.

Keuntungan dari menggunakan tempo secara bertahap adalah, dapat mengembangkan dan memperkuat metode – metode dalam hal menghafal, dan memperkuat tehnik. Keuntungan lainnya, adalah kita bermain jujur. Bila saat kita bermain kita tidak dapat menjaga tempo yang tetap (tempo lari), maka kita akan langsung mengetahui dan menyadarinya.

Cara lain berlatih dengan metronome, adalah dengan membuat lompatan – lompatan tempo. Bila lagu yang kita mainkan bertempo 120 bpm, dan kita mulai berlatih dengan tempo 80 bpm, kita dapat melakukan latihan seperti ini:

Tempo 80 bpm : bermain tanpa kesalahan
Naikkan tempo menjadi 120 bpm :
cobalah, mungkin kita melakukan kesalahan.
Turunkan menjadi 90 bpm :
bermain tanpa kesalahan
Naikkan tempo menjadi 120 bpm :
coba lagi, mungkin masih melakukan kesalahan
Turunkan menjadi 100 bpm :
mungkin kita dapat bermain tanpa kesalahan
Naikkan tempo menjadi 120 bpm :
coba lagi, mungkin kesalahan akan berkurang
Turunkan menjadi 100 bpm :
mungkin kita dapat bermain tanpa kesalahan
Naikkan tempo menjadi 120 bpm :
cobalah, kita mungkin sudah dapat meguasainya.

Keuntungan dari membuat lompatan – lompatan tempo, adalah dapat mempercepat penguasaan permainan pada tempo yang diinginkan. Berlatih dengan menaikkan dan menurunkan tempo, bisa jadi lebih produktif, karena kita dapat mengontrol otot, fingering, dan tehnik yang kita gunakan, sebab tehnik pada tempo cepat, berbeda dengan tehnik pada tempo lambat…

Written by Indra Prasetyo
Source : http://www.belajarbass.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s