Melatih Rhytm Dasar

Posted: Juli 18, 2011 in Bass Effects, Guitar Bass, Music & Studio, Teori & Tips

Tugas dari pemain bass dan pemain drum adalah sebagai rhythm section . Tapi seringkali banyak pemain bass yang lupa akan tugasnya sebagai rhythm section, walaupun pemain bass juga bisa menjadi seorang solois . Kali ini saya akan membahas bagaimana menjadi rhythm section yang baik, yang sebenarnya tugas utama dari pemain bass itu sendiri.

Pertama-tama, yang harus kita ketahui adalah bahwa kita bermain musik harus pada tempatnya. Artinya kita harus tahu kapan kita harus nge”rhythm”, kapan kita harus melakukan feel, kapan kita harus solo, dan kapan kita harus diam. Pada bagian ini yang akan saya bahas adalah kapan kita harus nge”rhythm”. Rhythm sendiri mempunyai arti ritmik atau irama.

Setiap musik pasti mempunyai jenis rhythm / irama yang berbeda-beda. Tugas dari pemain ”rhythm” tadi adalah di mana kita membuat suatu irama, dan kita harus menjaga agar irama tersebut terdengar nyaman. Maksud dari menjaga irama adalah kita menjadi pengiring yang tugasnya tidak lebih hanya mengiringi musik / pemain yang lain. Banyak pemain bass yang menganggap remeh rhythm, sehingga mereka akhirnya tidak bisa membuat irama menjadi nyaman untuk didengar.

Saya akan memberi beberapa tips latihan agar kita bisa nge”rhythm” dengan baik. Ada 2 point penting dalam latihan ini, pertama kita latihan harus selalu menggunakan metronome, dan yang kedua harus sabar (banyak pemain bass tidak sabar karena ini dianggap membosankan). Mulailah latihan dengan menggunakan variasi nilai note dari whole note (not penuh) sampai not seperenambelas.

Dalam tips kali ini saya akan memberikan contoh yang paling mudah, yaitu dengan progresi Chord 12 bar blues. Latihlah progresi ini dengan note seperdelapan (feel shuffle).

Untuk tahap awal teman-teman coba latih tanpa pattern. Maksudnya adalah teman-teman hanya memainkan root / nada sesuai chordnya saja. Setelah kita hafal progresinya dan bisa merasakan feelnya dengan baik, sekarang cobalah untuk membuat satu pattern yang menurut kalian mudah. Lakukan latihan ini berulang-ulang tanpa ada feel pada pattern tersebut. Di sini teman-teman di latih untuk menjaga satu irama dengan baik….

Written by Efra Harya Bayu Pratama
http://www.belajarbass.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s