Belajar Gitar – Balawan “Best Teknik Tapping”

Posted: Februari 21, 2011 in Guitar Accoustic, Guitar Accoustic Electrics, Guitar Electrics, Guitar Lesson


I Wayan Balawan ini sudah banyak dikenal oleh publik lokal maupun internasional sebagai gitaris papan atas. Dia juga memasukkan unsur budaya dalam setiap lagunya yang dikemas dalam nuansa etnik Bali yang sangat kental.

Balawan, gitaris yang mempunyai teknik tapping luar biasa inilah yang jadi quest di Jazz On Trijaya Edisi 13 Juli 2008 jam 19.00-21.00.


Musisi yang lahir di Gianyar, Bali pada 9 September 1973 ini mulai bermain musik pada umur delapan tahun dan mendirikan grup band pada saat duduk di bangku sekolah dasar. Balawan banyak memainkan lagu-lagu dari Deep Purple dan Beatles pada masa itu. Jenuh dengan musik rock, selepas dari SMU dia pindah ke Sidney-Australia untuk belajar jazz gitar dan vokal di The Australian Institute of Music.

Talentanya yang besar di musik membawanya meraih beasiswa selama tiga tahun (dia meraih Diploma of Music). Setelah merampungkan pendidikannya, Balawan akhirnya berkarir sebagai gitaris profesional di Sidney selama lima tahun dan namanya pun mencuat sebagai salah satu dari deretan pemain gitar handal.

Di tahun 1997, Balawan bersama kawan-kawan semasa kecilnya pernah mendirikan Batuan Ethnic Fusion, sebuah grup musik yang memainkan musik etnik Bali yang dikombinasikan dengan musik jazz dan sempat merilis album pada tahun 1999 berjudul “gloBALIsm”.


Balawan sendiri dikenal sebagai gitaris yang handal memainkan gitar secara teknik tapping, yaitu teknik khusus dimana jari-jari kiri dan kanan secara bersamaan memainkan bass, chords, dan melody, seakan-akan dia memainkan piano.

Publik pun dibuatnya takjub dengan kepiawaiannya memainkan dua gitar secara bersamaan dengan cepat, lincah, juga melodius.

Balawan juga dikenal sebagai guru gitar dan sering tampil di berbagai sekolah musik di kota-kota di Indonesia. Ia pun kerap memberikan klinik gitar dan promo tur yang disupport oleh gitar Ibanez dan Laney amplifiers. Selama ini Balawan telah banyak melanglang buana, merambah festival demi festival bergengsi manca negara.

Sepanjang karir bermusiknya, Balawan pernah tampil disejumlah pertunjukan Internasional seperti – East Meet West Gitarren Festival Edenkoben Germany, Open Strings Guitar Festival Osnabrueck Germany, Tour International Guitar Nights in 12 Cities in Germany , Hell Blues Festival in Trondheim Norway September, Hell Blues Festival in Trondheim Norway, Australian tour 4 cities with Batuan Ethnic Fusion, Pop Asia Fukuoka japan ,Tokyo Asia music Market Tokyo japan serta Bali Jazz Festival, Java Jazz Festival, Jakarta Jazz Festival (JakJazz Festival) dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu Wisma Duta di Tramlaan menjadi panggung eksklusif grup Balawan memamerkan kemahiran petikan gitar dan gabungan alunan gamelan Bali dalam hit Siapa Bisa Bilang dari album terbarunya.

Grup Balawan sebelumnya tampil memikat, dalam acara Pasar Malam Besar (Pasar Tong-Tong) di Den Haag 22-23 Mei lalu dan mengisi acara ‘jam session’ di Grand Cafe Brussel.

Masyarakat Eropa mengagumi kepiawaian si jari ajaib memainkan gitar talk-box ala Jeff Back dengan nuansa alunan gamelan rindik Bali yang amat kental.

Atribut Bali yang dilantunkan amat menjual dan menjadi ikon yang melekat di publik Eropa. Balawan yang tampil penuh dalam dua jam durasi pertunjukan di Wisma Duta ini memberikan suguhan aktraktif yang langka.

‘Jam session’ dengan pukulan gendang Made Agus Wardana, seniman asal Bali, staf KBRI Brussel melantunkan lagu Janger dalam ritme mengadu petikan gitar Balawan yang khas dan gebukan kendang ala Made, mendapatkan tepukan kagum dari para hadirin.

Sedangkan Bulan Juli 2008 ini Balawan juga turut berperan aktif kampanye damai untuk Pilkada di Bali

Balawan menampilkan kepiawaiannya pada hari kampanye bersama musisi lainnya asal Bali seperti Dewa Budjana. Kali ini ia khusus berduet dengan musisi asing mempersembahkan lagu Bali Shanti Shanti Shanti (Bali damai damai damai).

“Sekarang saya juga masih sibuk menyelesaikan album terbaru saya bersama sony music yang juga rencananya diedarkan bersama dvd yang berisi tentang teknik bermain gitar atau gitar clinic” ujar Balawan mengakhiri perbincangan di Jazz On Trijaya. (Eko Adji)


http://trijayafmplg.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s