Teknik Gitar Sweeping – Arpeggio 2

Posted: Februari 19, 2011 in Guitar Accoustic, Guitar Electrics, Guitar Lesson

Selain teknik” SWEEP PICKING” Yngwie Malmsteen masih mempunyai segudang teknik yang mendukung permainan gitarnya. Arpeggiolah yang selalu dilatihnya secara intensif karena setiap gitaris handal pasti mempunyai jurus pamungkas yang menjadikan sebagai ciri khas. Pengertian Arpeggio adalah suatu rangkaian not yang terbentuk pada kord yang telah dipecah-pecah. Perbedaan Arpeggio dengan kord terletak pada kejelasan notnya secara satu persatu.
Jadi untuk memainkan suatu not Arpeggio haruslah jelas dan satu persatu,tidak seperti kord yg dipetik secara bersamaan ( strumming ) di genjreng.

Hal ini yang menurut Yngwie menjadi daya tarik sendiri,karena karakter bunyi arpeggio sangat menarik. Tak heran jika Yngwie selalu memainkan dan memasukkan teknik arpeggio disetiap permainan gitarnya. Arpeggio telah menjadi santapan sehari-hari dan menjadi ciri khas dari gaya permainan maupun dalam penulisan lagu.

Banyak gitaris beranggapan bahwa permainan Arpeggio selalu identik dengan teknik sweep picking. Permainan teknik sweep pibking dengan perpaduan teknik arpeggio akan menjadi jurus yang bisa diandalkan. Yngwie menganjurkan,sebelum melakukan sweep picking nada-nada arpeggio, pastikan dulu petikan pada setiap senar harus bener-bener rapih,akurat. Jika tidak,permainan arpeggio yang lamu mainkan akan terdengar tidak jelas dan patah-patah.
Jadi,hal yang penting yang harus dikakukan saat memainkan arpeggio adalah dengan cara memaikan satu persatu setiap notnya. Agar menghasilkan nada arpeggio yang sempurna,setelah memetik nada,jangan biarkan not sebelumnya masih terdengar sustainnya dan bercampur dengan nada-nada berikutnya. Latihlan dengan memecahkan bentuk kord-kord yang telah kamu tahu pecahan nadanya lebih dulu,mulailah secara perlahan. Setelah hafal dengan nada dan not yang akan dimainkan,cobalah dengan tempo yang agak sedikit cepat,lebih cepat,lebih dan lebih sampai seolah jari kamu bergerak secara refleks.

http://satriarocks.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s