Drum – Snare Pearl Free Floating ukuran 3 1/5 x 14 inchi

Posted: Januari 18, 2011 in Drum & Kits

Snare Pearl Free Floating ukuran 3 1/5 x 14 inchi
Oleh Denny

Kelebihan:
Harga murah
Sangat sensitif dan tajam
Mudah di tune’

Kekurangan:
Hasil tune dapat berubah jika dimainkan terlalu keras.

Saya me-review product Pearl yang satu ini karena; Satu, saya memilikinya dan kedua, saya menyukainya. Snare ini telah saya miliki lebih dari setahun dan sangat menyukai dengan suara yang dihasilkan maupun penampilan snare itu sendiri, good looking!

Spesifikasi
Maksud dari ‘free floating’ itu adalah bahwa shell pada snare drum itu yang terbuat dari kuningan sama sekali tidak ‘terganggu’ dengan lug-lugnya (yang biasa menempel di shellnya pada drum lain), jika anda mengganti drumheadnya maka dengan mudah anda dapat melepaskan shell drum tersebut dan (jika ada) anda dapat menggantinya dengan shell yang lain.

Snare drum ini juga mempunyai 10 tension rod, sehingga proses mentuning dapat dilakukan dengan lebih seksama dan suara yang dihasilkan pun akan jauh lebih baik. Dan dengan mudah saya dapat memutar tension rodnya walaupun head dalam keadaan kencang, tension rodnya sangat mudah diputar, tidak keras sama sekali. Snare throw off-nya juga mudah untuk dioperasikan.

Drum ini menggunakan Pearl Super Hoop. Hoop/rimnya cukup tebal dan pinggirannya tidak tajam sehingga stick dapat lebih awet lagi dan menghasilkan suara rimclick yang jernih. Memang, snare ini mempunyai good looks tetapi cukup berat untuk snare seukuran ini… tapi, siapa peduli?

Dan satu lagi bagian yang saya suka yaitu snare wire/strainernya, sangat lebar dan sengaja dibuat oversize agar suara yang dihasilkan sangat sensitive. Drumheadnya menggunakan Remo Ambassador. Ambassador coated untuk batter head dan Ambassador clear untuk snare side. Jadi, tidak perlu beli drumhead lagi kan?

Suara

Pertama kali saya mencoba snare Pearl (tepatnya pada saat membeli di sebuah toko musik) saya langsung dapat merasakan ketajaman suara dan kesensitif-annya (setelah di-tune tentunya). Karena snare drum ini menggunakan konsep ‘Free floating’, maka suara yang dihasilkan sangat penuh,terbuka, tajam (sedikit menusuk telinga), sensitif dan mempunyai pitch yang tinggi. Saya lebih mencondongkan suara yang dihasilkan seperti suara tembakan pistol.

Seperti yang saya alami ketika saya dan band saya sedang latihan, kita sedang memainkan lagu medium rock dan pada saat fill saya mencoba untuk melakukan single stroke roll (rimshot semua!!!) dengan tenaga yang agak (tidak terlalu) keras (sepertinya keras), tiba2 pemain gitar disebelah saya berhenti dan menutup telinganya karena telinganya kesakitan mendengar suara snare itu. Tetapi sebenarnya banyak keuntungan juga menggunakan snare yang berkemampuan untuk ‘berteriak’ karena anda tidak perlu khawatir suara snare anda tenggelam oleh suara gitar yang lengkap dengan efek distorsi dan ampli marshallnya! Saya pribadi sebenarnya lebih suka menggunakan snare ini untuk memainkan Fusion dan Funk, karena sangat cocok dengan karakter musiknya.

Suara yang dihasilkan akan maksimal jika anda men-tune head bawah (snare side) lebih keras/tinggi 3 atau 4 nada daripada head atas (batter head). Suara yang dihasilkan jika menggunakan Remo Ambassador agak sedikit mendenging, dan menjadi sedikit mengganggu untuk memainkan lagu yang pelan. Tetapi anda tinggal menempelkan sedikit lakban pada pinggiran drumhead untuk menguranginya atau bahkan menghilangkannya.

Akhirnya…

Melihat dari penampilan dan suara snare ini memang dapat dilihat bahwa Pearl Free floating memang snare yang bagus, apalagi dengan adanya nama PEARL. Anda tentunya tahu bahwa drum Pearl adalah drum yang berkualitas tinggi….. sorry, bukan hanya anda, tetapi semua orang. Dengan suara dan penampilannya saya mengira bahwa snare drum ini berharga sekitar 3 juta keatas. Tetapi ternyata hanya 1,8 juta dan mudah-mudahan masih bisa turun lagi. Jika anda mempunyai kesempatan cobalah snare drum ini. You’ll be amazed!!!

http://www.klinikdrum.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s